Kunjungi 11 Tempat Ini Bila Berlibur Ke Pulau Tidung

Bagi Anda warga Jakarta dan sekitarnya yang ingin berwisata pantai, tak perlu jauh-jauh pergi ke Bali atau Lombok karena di dekat tempat tinggal Anda ada obyek wisata pantai yang tak kalah cantiknya dengan pantai-pantai di kedua pulau tersebut. Obyek wisata yang dimaksud adalah Kepulauan Seribu dengan salah satu pulaunya yang paling populer yaitu Pulau Tidung. Selain merupakan yang terbesar, Pulau Tidung juga merupakan icon wisata Kepulauan Seribu. Anda tertarik untuk mengunjungi destinasi wisata pantai yang unik ini? Berikut ulasannya.

foto jembatan cinta pulau tidung

11 obyek wisata yang tak boleh dilewatkan bila berkunjung ke Pulau Tidung

Bila berkesempatan untuk berlibur ke Pulau Tidung tempat-tempat wisata berikut ini tak boleh Anda lewatkan.

Pulau Tidung Besar

 

Saat menyebrang dengan boat Anda akan mendarat di Pulau Tidung Besar, yaitu pulau paling besar pada gugusan pulau Kepulauan Seribu. Penduduk di pulau ini juga paling banyak dan pada musim liburan serta akhir pekan akan semakin padat karena kunjungan wisatawan. Saat menginjakkan kaki di pulau ini Anda akan disambut dengan pemandangan pantai yang cantik serta pasirnya yang putih. Pulau Tidung juga sangat tepat bagi wisatawan yang ingin berlibur dengan nyaman karena di tempat ini telah tersedia beragam fasilitas lengkap termasuk akomodoasi yang nyaman.

 

Pulau Tidung Kecil

Ternyata ada dua Pulau Tidung di Kepulauan Seribu ini, yaitu Tidung Besar dan Tidung Kecil. Berbeda dengan Pulau Tidung Besar yang padat penduduk, pulau Tidung Kecil justru tak berpenghuni dan merupakan lokasi budidaya mangrove atau tanaman bakau.  Tujuan digalakkannya budidaya ini adalah untuk melindungi alam mengingat aktivitas di Tidung Besar yang sangat tinggi. Hutan tanaman bakau berfungsi untuk meminimalkan pengikisan pesisir pantai atau abrasi. Aktivitas penanaman tanaman bakau ini juga menjadi salah satu atraksi wisata yang menarik bagi pengunjung. Bila Anda datang pada waktu yang tepat Anda bisa berpartisipasi untuk menanam bibit mangrove.

 

Jembatan Cinta

pulau+tidung+wisata+murah

Untuk mencapai Pulau Tidung Kecil  Anda tak perlu naik boat atau perahu penyeberangan karena ada Jembatan Cinta yang menghubungkan kedua tempat tersebut. Dari atas jembatan Anda akan dapat menyaksikan pemandangan laut yang cantik. Jembatan ini juga menjadi lokasi bagi wisatawan bernyali besar untuk menguji adrenalin melompat langsung ke laut dari atas jembatan. Ada spot khusus untuk aktivitas seru ini dan Anda tak boleh melewatkannya. Jembatan Cinta juga menjadi tempat favorit bagi banyak calon pengantin untuk foto prewedding. Dinamakan Jembatan Cinta konon karena jembatan kayu ini dicat warna merah. ( baca berwisata ke pulau harapan)

Makam Keramat

Di Pulau Tidung Kecil ada sebuah makam seorang panglima yang juga cukup populer sebagai lokasi wisata para pelancong. Konon makam panglima itu dahulu turut berjuang membebaskan tanah air dari pendudukan Belanda. Berbagai agen perjalanan juga memasukkan makam keramat ini pada daftar destinasi wisata yang akan dikunjungi para wisatawan di Pulau Tidung.

Pantai Saung Perawan

Pantai di Pulau Tidung dinamakan Pantai Saung Perawan karena lokasinya yang masih asli dan jarang tersentuh oleh manusia. Untuk mengakses pantai ini Anda bisa berjalan kaki atau bersepeda. Tak perlu membawa sepeda sendiri karena di pulau wisata itu telah banyak tersedia rental sepeda dengan harga terjangkau. Pantai tersebut sangat cocok untuk bersantai sambil menghirup udara bersih karena banyaknya pepohonan rindang yang tumbuh di sana. Jangan khawatir kehausan atau kelaparan karena banyak tersedia warung tenda yang menyediakan beragam makanan serta minuman untuk para wisatawan.

 

Pulau Payung

Pulau kecil tak berpenghuni ini terletak tak jauh dari Pulau Tidung dan seringkali menjadi camping ground bagi para wisatawan. Tentu asyik sekali berkemah di tepi pantai sambil menikmati pemandangan laut nan cantik serta menunggu panorama indah matahari terbit dan terbenam.

Beberapa lokasi di sekitar Pulau Payung juga merupakan spot snorkeling yang menawarkan pemandangan bawah laut yang luar biasa.

 

Pantai Cemara Kasih

Selain Pantai Saung Perawan Anda juga bisa menghabiskan waktu santai Anda di  Pantai Cemara Kasih. Inilah lokasi yang cocok bagi Anda para penggemar selfie dan wefie karena pihak pengelola telah menyediakan beberapa ayunan tradisional yang diikatkan pada pepohonan rindang. Ini tentu menjadi latar belakang unik dari foto Anda yang pasti sangat mengesankan saat diunggah ke akun media social Anda.

 

Penangkaran Penyu Sisik

Lokasi budidaya Penyu Sisik sejatinya tak berada di Pulau Tidung melainkan di pulau Pramuka yang berada tak terlalu jauh dari pulau tersebut. Bila Anda bepergian dengan buah hati, destinasi wisata yang satu ini tak  boleh terlewatkan. Dengan melihat dari dekat bagaimana hewan langka ini ditangkarkan untuk kemudian dikembali ke alam untuk memperbanyak populasinya, putra-putri Anda sekaligus dapat berwisata dengan nuansa edukasi yang dapat menambah pengetahuan mereka. Jangan lupa menyisipkan pesan pentingnya pelestarian satwa langka di Indonesia sehingga tumbuh kesadaran di dalam diri mereka. Di sini wisatawan juga berkesempatan untuk ikut serta dalam pelepasan tukik (anak penyu) kembali ke laut. Perhatikan baik-baik petunjuk dari staf petugas penangkaran penyu agar tak membuat hewan kecil tersebut stress menjelang dikembalikan ke habitatnya. (Baca liburan asyik di pulau pari)

 

Pulau Semak Daun

Bila ingin menikmati sensasi berlibur di pulau pribadi berarti Anda harus singgah di pulau Semak Daun. Mungkin nama Semak Daun diambil karena di pulau mungil ini dipenuhi oleh daun dan sesemakan. Di tempat yang rindang dan berudara sejuk ini Anda bisa bersantai dengan tenang apalagi bila Anda berkunjung di hari-hari biasa yang bukan merupakan musim liburan atau akhir pekan. Pulau Semak Daun juga bisa menjadi alternatif lokasi berkemah untuk Anda selain Pulau Payung.

 

Taman Nasional Bawah Laut

Tak perlu pergi jauh-jauh ke Raja Ampat untuk menikmati pemandangan laut yang cantik bagi pecinta diving dan snorkeling karena di Pulau Tidung juga ada spot-spot dengan panorama laut yang fantastis. Nikmatilah sensasi berenang bersama ikan berwarna-warni sambil menikmati terumbu karang cantik bentukan alam dengan ragam formasinya yang unik. Tetapi ingatlah untuk selalu berhati-hati agar tak sampai merusak terumbu karang atau mengganggu beragam hewan laut yang menjadikan tempat itu sebagai habitatnya.

 

Penangkaran ikan hiu

Tak hanya penyu sisik, di sekitar Pulau Tidung, tepatnya di Pulau Pramuka juga terdapat penangkaran ikan hiu yang sekarang telah termasuk dalam daftar satwa langka. Anda hanya perlu menempuh perjalanan laut selama beberapa menit untuk tiba di lokasi budidaya tersebut. Sekali lagi, destinasi wisata yang satu ini juga menjadi salah satu alternatif obyek wisata bernuansa pendidikan bagi buah hati Anda. Satwa laut buas yang berada di puncak rantai makanan ini memang populasinya semakin sedikit karena penangkapan liar baik untuk konsumsi atau pun obat terutama bagian siripnya.